oleh

Untuk Mengurai Lalu Lintas, Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Tol Saat Libur Nataru

JAKARTA, BERSAHAJANEWS.COM – Polri telah menyiapkan rekayasa lalu lintas saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Rekayasa lalu lintas ini dilakukan guna mengurai kepadatan lalu lintas. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, untuk jalur darat Polri mengaku sudah memiliki pola terkait pengaturan lalu lintas saat terjadi kepadatan.

“Khusus untuk jalur darat tentunya pengalaman pada saat pelaksanaan Idul Fitri tentunya ini menjadi pengalaman yang sangat baik dan kami sudah memiliki pola terkait dengan bagaimana kita mengatur pada saat terjadi kepadatan,” ujar Sigit, dikutip dari NTMC Polri, Selasa (20/12/2022).

“Artinya, pada saat memang situasi sangat padat khususnya di jalan tol tentu akan tetap dilakukan proses rekayasa mulai dari contraflow sampai dengan one way atau satu arah,” lanjutnya.

Sigit menambahkan, penerapan rekayasa lalu lintas ini nantinya akan dikoordinasikan dengan Kementerian Perhubungan dan Jasa Marga. Koordinasi itu untuk menentukan kapan contraflow dan one way diterapkan.

“Tentunya ini nanti akan kita putuskan bersama dengan teman-teman dari Kementerian Perhubungan dan Jasa Marga, kapan pada saat kita melakukan contraflow dan kapan kita berlakukan one way,” kata dia.

Sigit memastikan rekayasa lalu lintas itu nantinya akan disosialisasikan ke masyarakat. Sosialisasi itu diberikan agar warga tidak terganggu rekayasa lalu lintas yang diterapkan.

“Namun sebelumnya kita akan memberikan informasi ataupun sosialisasi kepada masyarakat baik melalui jalur radio jalur TV ataupun jalur-jalur informasi yang bisa kita berikan kepada masyarakat sehingga masyarakat tentunya siap dan tidak akan terganggu dengan proses rekayasa yang akan kita laksanakan,” ucap Sigit.

Sebelumnya Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa arus mudik saat Natal diprediksi terjadi pada 23-24 Desember. Sedangkan puncak arus balik Natal diprediksi terjadi pada 25-26 Desember. Kemudian puncak arus mudik saat tahun baru diprediksi terjadi pada 30-31 Desember. Sedangkan puncak arus balik tahun baru diprediksi terjadi pada 1-2 Januari 2023. (Rd)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed