oleh

Presiden Jokowi Buka Rakornas Kepala Daerah dan FKPD se Indonesia

BOGOR, BNBABEL.COM – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Sentul Internasional Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023). Rakornas dengan mengusung tema “Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi” di hadiri sebanyak 2.693 peserta dari pemerintah pusat hingga daerah.

Saat memberikan sambutan, Presiden Jokowi menyebut bahwa pertemuan ini merupakan pertemuan terlengkap yang dihadiri unsur pemerintah baik pusat maupun daerah. Presiden berharap agar pemerintah pusat dan daerah bisa bersinergi dengan baik demi menyukseskan agenda besar bangsa Indonesia.

“Saya ingin agar semuanya bisa sambung satu garis dari pusat sampai ke daerah. Juga perlu saya sampaikan, mengelola negara sebesar negara kita Indonesia ini tidaklah mudah, beda dengan negara-negara lain,” kata Presiden

“Jumlah penduduknya saja sekarang sudah 267 juta, jumlah pulaunya 17 ribu pulau, beragamnya budaya, suku, agama, juga semakin kompleksnya kita mengelola negara sebesar Indonesia ini,” tambah Kepala Negara.

Jokowi juga menyinggung pentingnya sebuah investasi, dan eskpor menjadi kunci sehingga diperlukan sebuah perhatian khusus. Presiden tidak menginginkan menurut ijin yang memakan waktu berbulan-bulan.

Ia tegaskan saat ini ada dua masalah besar yang dihadapi di daerah, yang pertama mengenai tata ruang dan yang kedua terkait dengan proses Persetujuan Pembangunan Gedung (PPG). Oleh sebab itu, Jokowi meminta kepada seluruh kepala daerah dan DPRD untuk secepatnya menyelesaikan kedua permasalahan tersebut. Presiden tegaskan jika Investasi menjadi kunci pertumbuhan ekonomi.

Di akhir sambutannya, Jokowi menekankan pentingnya kebebasan beribadah dan beragama, jika semua memiliki hak sama dalam hal beribadah. Menurutnya, beribadah dan beragama dijamin oleh konstitusi dan UUD 1945 pasal 29 ayat 2.

“Jangan sampai kontitusi kalah dengan kesepakatan. Semua memiliki hak yang sama dalam beribadah dan beragama, karena dijamin oleh konstitusi,” tegas Jokowi.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam laporannya menyampaikan bahwa rakornas ini dihadiri oleh 2.693 peserta yang terdiri atas kepala daerah, DPRD, kepolisian, kejaksaan, dan. TNI. Acara ini mengambil tema Sinergi Pelaksanaan Lima Prioritas Pembangunan Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Maju.

Seperti diketahui, saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 pada 20 Oktober 2019 lalu, Presiden Jokowi menyampaikan lima visi besar yang akan dikerjakan dalam pemerintahannya lima tahun ke depan bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Untuk itu, acara ini digelar dengan tujuan untuk menegaskan visi Presiden dan Wakil Presiden serta menyamakan persepsi visi pembangunan pemerintah pusat dan daerah.

“Ini kita harapkan adanya sinergi antara pusat dan daerah dan kesamaan visi dengan tujuan untuk membangun Indonesia yang makin maju ke depan,” kata Tito, seperti dilansir dari siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Erlin Suastini.

Turut hadir dalam acara Rakornas Indonesia Maju antara lain para pimpinan lembaga negara dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju. (Rd)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed