oleh

Indonesia Patut Berbangga, Nono Siswa SD NTT Juara Matematika Tingkat Dunia, Berikut Profilnya

BERSAHAJANEWS.COM – Inilah sosok Nono, siswa SD peraih juara Matematika tingkat dunia yang mencuri perhatian. Nama Nono yang merupakan seorang siswa SD mendadak viral di media sosial.

Bocah berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut berhasil menjadi juara 1 Abacus Brain Gym (ABG) International Mathematics Competition 2022.

Bocah bernama lengkap Archangels Hendrik Meo Tnunay tersebut merupakan siswa asal SD Inpres Buraen 2, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang.

Nono sang juara 1 Matematika internasional berjuang dalam kompetisi tingkat dunia Abacus Brain Gym 2022 yang diikuti sekitar 7000 siswa dari seluruh dunia.

Dalam kompetisi matematika dan sempoa tingkat dunia tersebut, Nono berhasil berada di posisi pertama.

Sedangkan posisi kedua diduduki peserta dari Qatar, dan ketiga dari USA.

Nono berasal dari wilayah yang tergolong dalam daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Sehingga Nono berasal dari kabupaten termiskin di NTT.

Namun meski dalam keterbatasan, tidak menjadi kendala bagi siswa kelas 2 SD ini untuk berjuang meraih juara 1 mengalahkan ribuan peserta siswa dari seluruh dunia.

Atas pencapaian dan prestasi dari Nono, ia diganjar penghargaan dari Gubernur NTT.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Bupati Kupang Korinus Masneno memberikan penghargaan langsung kepada pelajar berprestasi tersebut.

Dalam unggahan di Instagram, orang nomor satu di NTT membagikan potret bersama Nono dan mengurai rasa bangganya.

Bahkan, Viktor Buntilu Laiskodat prestasi yang diraih Nono tidak luput dari didikan guru.

“Nono membanggakan NTT juga dunia, yang tentunya tidak terlepas dari peran guru yang sangat penting dalam membangun anak yang cerdas dan mandiri,” tulis Gubernur NTT Viktor Buntilu Laiskodat.

Acara penyerahan Abacus Brain Gym Award 2022 kepada Nono turut dihadiri oleh Gubernur Viktor bersama dengan Bupati Kupang Korinus Masneno, Founder ABG USA Juli Agustar Djonli dan Founder ABG Indonesia Aguslina Angkasa di Ruang Rapat Gubernur NTT pada 10 Januari 2022 lalu.

Dalam acara tersebut, Nono diberi kesempatan untuk unjuk kemampuannya di bidang Matematika. Ia diminta menjawab soal yang dilontarkan secara lisan oleh Juli.

Melalui tayangan YouTube Biro Umum Setda Provinsi NTT, terlihat Nono mampu menjawab semua soal dengan cepat dan tepat hanya dalam hitungan detik.

Nono mendapatkan penghargaan berupa piala, sertifikat dan hadiah uang sebesar US$ 200 atau Rp 3.000.000. (Rd)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed