oleh

Hasil Musra Relawan Jokowi : Prabowo Menguat di Sumatera Utara

BERSAHAJANEWS.COM – Hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Ke-18 Relawan Jokowi menunjukkan bahwa posisi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai calon presiden menguat di Sumatera Utara.

“Prabowo Subianto menguat posisinya di Sumatera Utara sebagai capres harapan rakyat dengan mendapatkan 31,26 persen. Sementara itu, Ganjar Pranowo harus puas terhempas ke urutan ketiga. Airlangga Hartarto bersaing ketat dengan Prabowo,” ucap Ketua Musra Panel Barus dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Panel Barus mengungkapkan hasil ini menunjukkan mesin politik Golkar dan Gerindra berjalan dan bersaing ketat di provinsi ini.

“Kalau PDI Perjuangan ‘kan belum jalan mesinnya, mengingat belum ada kandidat capres yang diusung partai. Makanya, mungkin ini yang membuat Ganjar ada di urutan ketiga. Ini mungkin, ya,” ujarnya.

Selain itu, peserta musra juga memberikan suara terkait dengan kriteria dan karakter calon pemimpin bangsa. Sebanyak 2.319 peserta menghadiri acara tersebut.

Sebesar 49,89 persen peserta menginginkan pemimpin yang berani, tegas, dan berwibawa. Sementara itu, 29,37 persen memilih ketersediaan pekerjaan dan lapangan usaha sebagai program prioritas teratas.

Peserta musra juga memilih pemenuhan dan perlindungan hak dasar, pendidikan, kesehatan, dan penghidupan layak sebagai agenda kebangsaan nasional yang paling penting (43,21 persen).

Sementara itu, persatuan nasional, keutuhan NKRI, menjaga kebinekaan, dan mencegah intoleransi dipilih oleh 25,57 persen peserta.

Menurut Panel, musra akan diselenggarakan di beberapa provinsi untuk memetakan aspirasi rakyat yang nantinya dapat menjadi pertimbangan bagi partai politik.

Hasil musra di Sumatera Utara mencerminkan kebutuhan pembangunan di wilayah tersebut, yang meliputi percepatan pembangunan dan keberagaman yang kental.

“Masih ada beberapa provinsi lagi yang akan menyelenggarakan musra. Kami akan mengumumkan hasilnya kepada media,” ujarnya. (Tr/Rd)

Sumber : Antara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed