30.4 C
Jakarta
Friday, 26 July 2024

Dukung Hilirisasi, PT Bersahaja Finalkan Pembangunan Smelter Titanium

PT Bersahaja Berkat Sahabat Jaya milik pengusaha putra daerah asal Bangka Belitung Arbi Leo sedang membangun smelter titanium yang berbahan baku Ilmenite. Smelter didirikan di Provinsi Kep. Bangka Belitung.

Dalam pembangunannya, PT Bersahaja bekerja sama dengan perusahaan asal China tepatnya dari Kota Chengdu Shuangliu, hingga saat ini pembangunan sudah mencapai 75% dan rencananya rampung pada akhir tahun 2023 ini.

“Potensi Provinsi Bangka Belitung akan semakin maju. Terlihat beberapa saat lalu Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa dibutuhkan investasi sebesar Rp 1,3 triliun untuk pembangunan smelter titanium. PT Bersahaja siap dan segera merealisasikannya,” kata Arbi Leo, Kamis (23/2/2023).

PT Bersahaja berencana target pertama peleburan ilmenite dengan quantity 100 metrik ton per hari, dan Smelter titanium tersebut akan berdiri di atas fasilitas lahan seluas 42 hektar yang sudah disiapkan oleh PT Bersahaja untuk pembangunan smelter. Upaya ini sebagai bentuk hilirisasi peningkatan nilai tambah dari hasil sisa pengolahan timah yang sejauh ini belum termanfaatkan secara maksimal di Bangka Belitung.

“Team perusahaan China berada di Bangka Belitung selama seminggu untuk merealisasikan pembangunan smelter Titanium milik PT Bersahaja, juga sempat terhalang pandemi Covid-19 beberapa saat lalu, namun sekarang sudah berlanjut dan sudah tahap final,” kata Arbi Leo.

Indonesia memiliki potensi besar dalam industri ilmenit karena memiliki cadangan mineral yang melimpah. Smelter ilmenite dapat meningkatkan nilai tambah dari bijih mineral dan menciptakan lapangan kerja di sektor industri hilirisasi.

Dengan adanya smelter ilmenite di Indonesia, diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dari bijih mineral dan membuka peluang bisnis di sektor industri hilirisasi serta membuka lapangan pekerjaan bagi orang banyak.

Diketahui, titanium merupakan mineral yang memiliki kekuatan tinggi, tahan korosi, dan ringan sehingga banyak digunakan dalam berbagai industri, seperti pesawat terbang, mobil, kapal laut, industri kimia, dan bahan-bahan medis. Pemanfaatan titanium yang semakin luas menunjukkan pentingnya Mineral ini di berbagai sektor industri. (Louis)

Related Articles

[td_block_social_counter facebook="tagdiv" twitter="tagdivofficial" youtube="tagdiv" style="style8 td-social-boxed td-social-font-icons" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9" custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_8" f_header_font_family="712" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_weight="500" f_header_font_size="17" border_color="#dd3333"]
- Advertisement -spot_img

Latest Articles